Apa itu T-Shirt Printing?

Apa itu T-Shirt printing? T-Shirt printing atau lebih dikenal dengan istilah Print kaos adalah teknik mencetak gambar ke media kain, t-shirt atau bahan lain yang serupa. Dinamakan T-Shirt print karena sebagian besar pencetakan dilakukan diatas kaos atau T-Shirt. Pada kenyataanya banyak media yang bisa di cetak dengan teknik ini.

Metode apa saja yang dipakai dalam T-Shirt Printing?

Direct to Garment (DTG)

Di HIQ Printing, kami memiliki 2 metode dalam mencetak Print kaos yaitu dengan DTG dan Print Press, apa itu DTG? dan apa itu Print Press? DTG adalah kepanjangan dari Direct to Garment. Pencetakan dilakukan diatas media secara langsung. DTG atau Direct to Garment merupakan salah satu bentuk dari berkembangnya teknik printing, yang mana dalam pengerjaannya sudah menggunakan mesin dan tidak 100% menggunakan tenaga dan keterampilan manusia karena dalam pengoperasiannya yang cukup mudah.teknik ini memilki keunggulan banyak sekali diantara adalah :

1. Dapat Mencetak Gambar Full Color

Sablon DTG mempunyai hasil yang berkualitas bagus karena beresolusi tinggi dan Print DTG juga dapat mencetak gambar dengan warna yang banyak sekalipun karena teknik print digital ini tidak mempunyai batasan warna dalam pengerjaannya. Print DTG juga mampu mencetak gambar dengan gradasi, 3 dimensi dengan warna yang cerah.

2. Waktu Pengerjaan Yang Cepat

Dalam mengerjakan kaos yang menggunakan sablon manual tentu memerlukan beberapa hari untuk menyelesaikannya, tetapi dengan menggunakan sablon digital dengan teknik DTG Anda akan lebih menghemat waktu pengerjaan karena Anda hanya membutuhkan 20-25 menit saja. 

3. Hasil Cetak Lebih Halus

Hasil dari Print digital dengan teknik Direct to Garment ternyata lebih halus dan akan sangat bekerja dengan baik jika menggunakan dengan jenis Cotton atau Katun karena tinta akan lebih meresap, sehingga printing akan lebih awet juga tahan lama dan tidak akan mudah luntur.

4. Tidak Memerlukan Transfer Paper

Sesuai dengan namanya yaitu Direct to Garment, dalam proses pengerjaan sablon DTG Anda tidak memerlukan transfer paper karena pencetakannya bisa langsung dilakukan pada kaosnya. Sehingga akan lebih menghemat biaya produksi.

5. Cocok Untuk Print Quantity Sedikit

Untuk Anda yang ingin mencetak desain pada kaos dengan quantity yang sedikit atau bahkan hanya 1 kaos saja, sangat cocok untuk menggunakan Print DTG karena biasanya tidak ada minimal order dalam pengerjaan kaos dengan sablon teknik DTG.

6. Terdapat Tinta Putih

Tidak perlu kuatir jika kaos yang akan diprint adalah kaos warna gelap. Karena mesin DTG di HIQ Printing sudah dilengkapi dengan tinta putih. Tinta putih dipakai sebagai dasar cetak untuk kaos berwarna gelap. sehingga warna print CMYK yang dihasilkan akan lebih keluar.T-shirt 

Print Press

Teknik Print Press adalah teknik mencetak ke media bahan khusus, kemudian bahan diangkat dari lapisanya dan lalu bahan tersebut ditempel diatas kaos dan dipress. teknik ini berbeda dengan DTG karena printing dilakukan di bahan lain tidak langsung ke media kaos. 

Adapun kelebihan dari teknik Print Press adalah :

  • Gambar yang dicetak tidak mudah pudar, lepas, kikis, walau cukup sering dicuci dan digunakan.
  • Jika memilih kualitas polyflex yang tinggi, maka kaos bisa awet dalam jangka waktu yang sangat lama.
  • Kualitas hasil print lebih tinggi tingkat keakuratannya dan pastinya lebih rapi.
  • Memungkinkan melakukan print satuan, tidak harus selalu dalam jumlah banyak.
  • Pembuatan print press hingga selesai jauh lebih cepat dari berbagai jenis sablon lain.