Fluorescent merupakan tinta yang dapat menampilkan warna yang cerah dan solid. Tinta fluorescent saat ini mulai populer digunakan, terutama oleh industri kreatif. 

Fluorescent menjadi tinta khusus yang menghasilkan warna-warna menarik sehingga hasil cetak lebih optimal. Warna-warna fluorescent memang diketahui sangat radiant dibandingkan menggunakan tinta biasa. Sebagai informasi, tinta berkualitas umumnya memiliki bonding quality yang baik ke media cetak sehingga tahan lama.

Karena itu, pemilihan tinta sangat berpengaruh dengan hasil cetak yang dihasilkan. Dengan perkembangan teknologi saat ini, tinta fluorescent menjadi pilihan berbagai kebutuhan cetak, khususnya untuk industri kreatif.

Mengenal Tentang Tinta Fluorescent

Kebutuhan cetak yang terus meningkat dari waktu ke waktu akhirnya menelurkan berbagai inovasi, salah satunya adalah fluorescent colors. Warna yang diaplikasikan kepada tinta cetak ini punya ciri khas yaitu punya efek Radiant Glow Under Ultraviolet (UV) Ray.

Selain itu, tinta fluorescent menghasilkan warna radiant dan eye-catching. Tinta fluorescent ini juga mampu mencerahkan gamut warna di hasil cetak. Sebagai informasi, tinta fluorescent ini hadir dalam 4 macam warna, yakni Fluorescent Yellow, Fluorescent Green, Fluorescent Orange, dan Fluorescent Pink.

 

Baca Juga: Sticker Laptop: Fungsi, Cara Memasang, dan Cara Melepasnya

Perlu diketahui, warna fluoresens timbul dari terpancarnya sinar oleh suatu zat yang telah menyerap sinar atau radiasi elektromagnetik lain. Fluoresens sendiri merupakan bentuk dari luminesensi. Fluoresens banyak digunakan di berbagai hal, seperti bidang mineralogi, gemologi, sensor kimia, detektor biologi, dan tentu saja tinta fluorescent.

Keunggulan dari Tinta Fluorescent

 

Fluorescent merupakan tinta inovatif yang bisa diaplikasikan di berbagai produk printing. Salah satu keunggulannya adalah tinta fluorescent ini bisa dikombinasikan dengan tinta biasa (warna CYMK standar). Sebagai informasi, CYMK merupakan warna dasar yang terdiri dari Cyan, Magenta, Yellow, dan Black.

Selain itu, fluorescent mampu menghasilkan warna yang unik dan futuristik pada hasil cetaknya. Tinta fluorescent juga dapat dijadikan spot color secara mandiri.

Aplikasi Produk Printing dengan Tinta Fluorescent

 

Produk printing yang bisa diaplikasikan dengan tinta fluorescent sangatlah bermacam-macam. Perlu diketahui, tinta fluorescent bisa diterapkan dalam format print on demand A3+ dan print kain (sublime print).

  1. POD A3+

Format print on demand di media cetak ukuran A3+ dapat mengaplikasikan tinta fluorescent. Beberapa produk POD A3+ yang bisa menggunakan tinta fluorescent adalah Premium Book, Premium Business Card, Premium Invitation Card, Radiant Glow Under UV Ray Mask, Radiant Glow Under UV Ray Wristband, Radiant Glow Under UV Ray Hand Fan, Premium Label, dan Digital Packaging.

  1. Print Kain (Sublime Print)

Salah satu keunggulan dalam mengaplikasikan tinta fluorescent pada format print kain (sublime print) adalah menyatu sama material cetak (tanpa extra layer). Adapun, produk print kain (sublime print) yang dapat memakai tinta fluorescent adalah Pashmina, Scarf, Hijab, Sarung Bantal, Sajadah, Jersey, T-Shirt, Scuba Mask, Premium Bicycle Shirt, Canvas Sneaker, dan Canvas Pattern.

Baca Juga : Greeting Card, Produk Cetak Buat Kolega Saat Momen Spesial

 

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *